Review Hard Disk Sentinel

Wednesday, February 8, 20120 comments



Dari seluruh komponen, hard disk merupakan perangkat keras yang paling vital. Mengapa? 
Jika prosesor, memori, atau kartu grafis rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru (meski masalah dana bisa menjadi kendala).
Namun jika hard disk rusak, bukan perangkatnya tapi data di dalamnya yang sangat berharga. Apalagi, jika data tersebut menyangkut hal-hal penting atau rahasia yang bisa jadi bernilai lebih tinggi dibandingkan harga satu paket komputer. 
Oleh karena itu, sebelum hal buruk tersebut terjadi, Anda bisa memantau kesehatannya dengan menggunakan aplikasi Hard Disk Sentinel.
Aplikasi ini mampu memantau dan menganalisis setiap hard disk yang terdeteksi. Media simpan yang didukungnya tidak hanya sebatas hard disk dengan koneksi IDE dan SATA, tetapi juga SSD (solid state drive), USB flashdisk, dan hard disk eksternal.
Aplikasi ini memantau status hard disk secara real-time. Informasi yang ditampilkan mencakup kesehatan, suhu, dan semua nilai S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology) yang terdapat pada setiap media simpan. Bahkan, Anda bisa mengetahui usia pakai dan jangka waktu penggunaan suatu hard disk via informasi yang ditampilkan pada bagian analisis.
Anda pun bisa mengukur kemampuan suatu hard disk dalam melakukan proses transfer yang dihitung berdasarkan kecepatannya. Nantinya, hasil yang didapat bisa dijadikan patokan dalam mendeteksi, apakah kinerjanya stabil atau malah menurun.
Sesuai fungsinya yang hanya sebagai pemantau serta penganalisis hard disk, Anda tidak bisa memperbaiki segala permasalahan yang ada. Jadi, jika tanda-tanda kerusakan sudah terlihat, cara terbaik adalah dengan segera melakukan backup data.
(Dayu Akbar – Kontributor)
****
“Sedia payung sebelum hujan” bisa menjadi peribahasa yang tepat saat menggunakan Hard Disk Sentinel. Sebelum hard disk mengalami tanda-tanda kerusakan, ada baiknya kesehatanya selalu dipantau. Jika gejala mulai terlihat, Anda bisa bersiap-siap mem-backup data penting sebelum terlambat.

Spesifikasi
Jenis
Shareware 30 hari (Biaya lisensi Rp211.190)
Ukuran berkas instalasi
12,25 MB
Situs Download
Sistem Operasi
Windows 95 ke atas

Plus     : Tampilan informasi lengkap; ada peringatan jika terjadi gejala tidak sehat; melakukan backup otomatis saat terjadi error; mendukung beberapa jenis media simpan.
Minus : Tidak bisa memperbaiki permasalahan yang ada.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. De-Shared - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger